Kesyahidan

11 Januari 2021

Hari-hari depan mungkin adalah hari yang mendung. Namun, selalu ada hal baiknya. Dia tidak melenyapkan harapan. Harapan itu ada di tempat-tempat yang tidak pernah kita duga. ﷲ menyelipkannya di sana. Jadi, tidak perlu ragu. Ikuti saja kehendak-Nya. Dia yang paling tahu apa yang terbaik untuk hamba-hamba-Nya. Kita hanya bisa pasrah untuk percaya sebab kita tidak punya pilihan lain bila hal tersebut sudah terjadi. Terjadi maka terjadilah. Dia tidak membatalkan kehendak-Nya, tetapi hendak menyempurnakannya. Tidak bisa dicegah, kecuali hanya bisa berdoa dan berusaha agar apa yang ada di hadapan kita yang masih gelap itu tidak seperti yang kita bayangkan di dalam kepala saat waktu telah meneranginya.

Tidaklah ﷲ akan memberi musibah di luar dari kesanggupan kita menjalaninya. Kesedihan yang datang dari perpisahan tanpa ucapan selamat tinggal selalu lebih menyakitkan daripada saat kita tahu bahwa kita akan berpisah dengannya untuk selamanya. Walaupun kata “selamanya” tidak benar-benar dalam arti yang sesungguhnya. إِنْ شَاءَ اللَّهُ, bahwa kita akan dipertemukan kembali di lain waktu di tempat yang terbaik. Kecintaan itu menjadi kerinduan tanpa jeda hingga kelak ﷲ menggantinya dengan bahagia kekal selamanya. Tangisan itu akan jadi derai tawa dan kesempitan itu akan jadi kelapangan selapang samudera.

Kehidupan dunia seperti berada di rahim kedua setelah rahim di perut bunda kita. Sudah pasti bahwa kelak kita akan dikeluarkan dari rahim ini melalui kepayahan sebagaimana dulu ibunda kita melahirkan kita. Bedanya kita yang akan rasakan rasa sakit dan sesak itu untuk lahir ke dunia baru: alam barzah. Walaupun rasa sakitnya itu relatif pada setiap diri, tidak semua merasakannya dengan rasa yang sama. Ada yang sekejap saja sakit itu terasa. Bahkan tidak terasa sama sekali. Itulah ruh dari jiwa-jiwa yang tenang. Jiwa yang telah mengembalikan kesadaran ruhnya pada tempat kembali (ke sisi ﷲ) sebelum raganya kembali (ke tanah). Tidak semua tubuh itu jadi debu, mereka hidup di sisi Rabb-Nya dengan kekhususan yang diberikan-Nya. Hidup tidak mati dan senantiasa diberi nikmat rezeki. Sebagai wujud kesyahidan yang diterima-Nya.

والله أعلمُ ﺑﺎ ﻟﺼﻮﺍﺏ

NB:

إِنَّا لِلَّهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُونَ

Turut berduka untuk sabtu kelabu, 9 Januari 2021. Semoga para korban ditempatkan di tempat yang terbaik dan keluarga yang ditinggalkan bisa tabah dan ikhlas menerima ketentuan dari ﷲ .