Ustadz Adi Hidayat: Booster Iman Tentang Kehidupan

12 Oktober 2021

Berikut ini video kajian berdurasi 7.22 menit yang saya bagikan dari Channel Ustadz Adi Hidayat Official. Silahkan ke Channelnya untuk berlangganan video-video terbaru dari UAH.

Hal yang saya bisa petik dari video tersebut adalah tentang shalat dan membaca Al-Qur'an bagaimana keduanya akan menghadirkan ketenangan hati.

Shalat menghadirkan ketenangan hati bagi siapapun yang melakukannya walaupun masalah yang menderanya masih dialaminya. Namun, ketenangan hati itu akan hadir sebagai setengah solusi yang kita dapatkan dari menjalankan shalat.

Ketenangan hati juga bisa didapatkan dengan membaca Al-Qur’an. Surat-surat di dalam Al-Qur’an memiliki fadilah-fadilah tertentu bagi pembacanya. Antara lain, bagi yang bersedih bacalah surat Yusuf. Bagi yang diperluas rezeki bacalah surat Al-Waqi’ah. Bagi yang ingin dinaungi di hari kiamat bacalah surat Al-Baqarah dan Ali Imran. Bagi yang ingin dijaga jasadnya di alam Kubur bacalah surat Al-Mulk. Semua surat memilih fadilah-fadilahnya maka biasakanlah membaca Al-Qur’an agar kita bisa mendapatkan keutamaan atas surat-surat yang kita baca.

Al-Qur’an sangat dahsyat, setiap hurufnya bila dibaca mengandung 10 pahala kebajikan, sementara kesalahan yang kita buat nilainya hanya satu saja. Bila dalam sehari kita melakukan 100 kesalahan maka untuk menebusnya cukup dengan membaca 10 huruf Al-Qur’an (kecuali kesalahan yang perlu dimintai maaf dan dikenakan hukuman had, atau bertaubat, tidak cukup hanya dengan membaca Al-Qur'an saja untuk menghapus dosa). Maka, betapa luar biasanya Al-Qur’an bila dibaca setiap hari dan setiap waktu karena bisa menggugurkan dosa-dosa dan kesalahan kita dalam sehari itu, bahkan kita berkesempatan bisa menambah sebanyak mungkin pahala setiap harinya hanya dengan membaca Al-Qur’an.

Membaca Al-Qur’an juga bisa menambah kekuatan iman, caranya dengan membuat program membaca Al-Qur'an, misalnya sehari 1 juzz. Bila berat membaca 1 juzz dalam sekali baca bisa dibagi menjadi 5 waktu shalat di mana setiap waktu shalat dibaca 28 ayat. 28 Ayat itu dibagi dua, masing-masing 14 ayat. 14 ayat sebelum shalat dan 14 ayat setelah shalat. Bila hal ini dilakukan terus menerus maka insya Allah akan menghasilkan dampak yang luar biasa bagi diri dengan menghadirkan ketenangan dan kekuatan iman.

Bagi yang sibuk bekerja untuk mendapatkan ketenangan bisa dilakukan dengan mengunjungi masjid untuk shalat lebih dulu di sana setiap kali pergi-pulang bekerja (jika memungkinkan) sehingga saat tiba di kantor kita akan mendapatkan ketenangan, begitu pula saat tiba di rumah sepulang bekerja, jangan langsung pulang, tapi mampirlah lebih dulu ke masjid untuk mengerjakan shalat, walau hanya sekedar shalat sunnah 2 rakaat. Saat tiba di rumah maka kita akan mendapatkan ketenangan karena tidak membawa pikiran dari kantor melainkan dari rumah Allah ta'ala.

Silahkan simak selengkapnya dalam video kajian UAH berikut, bisa ditonton langsung di bawah ini atau mengunjungi langsung link video dari Channel UAH di sini . Semoga bermanfaat.